apa yang sudah kalian bagikan kepada orang muda katolik yang ada di daerahmu?



Jumat 01 November 2012, Oktober 2012 merupakan hari bersejarah bagi Orang  Muda Katolik Se-Indonesia dimana pada tanggal 20-26 Oktober 2012 telah diselengarakan Indonesia Youth Day yang pertama di Indonesia yang di selengarakan di Kalimantan Barat yang terdiri dari tiga keuskupan yaitu Pontianak, Sanggau dan Sintan dan puncaknya diadakan di keuskupan Sanggau dimana 36 keuskupan yang ada di Indoesia dan 1 keuskupan Malaysia mengirimkan utunsannya untuk berpartisipasi dalam menyukseskan acara ini. Adapun agenda yang dilaksanakan diawali dengan kegiatan Live in di tiga keuskupan yang ada di Kalimantan yaitu di keuskupan agung Pontianak, keuskupan Sanggau dan keuskupan Sintang.
Banyak pengalaman yang di dapat peserta live in tersebut mulai dari mengenal tradisi masyarakat adat dayak Kalimantan sampai pengalaman spiritual yang mungkin di ceritakan tak akan pernah habisnya. Selain itu kesan yang tak akan dilupakan adalah bagaimana masyarakat Kalimantan barat menjamu para peserta tersebut, dimana satu sama lain mungkin memiliki cerita tersendiri.
Setelah melakukan live in para peserta Indonesia youth day 2012 di ajak berkumpul bersama di keusupan Sanggau, saling membaur dan saling mengenal satu sama lain. Adapun acara puncak yang diadakan di keuskupan sanggau diawalai dengan pawai budaya para kontingen mulai dari kantor Bupati Sanggau sampai ke Mega Tenda yang terletak di komplek gereja katedral Sanggau. Setelah melaukan pawai budaya tersebut para peserta dipadatkan dengan agenda-agenda spiritual yang bertujuan agar apa yang di dapat di Indonesia youth day 2012 itu dapat dibagikan kepada orang muda katolik yang belum berkesempatan hadir di Indonesia youth day 2012 tersebut.
Walaupun agenda bisa dibilang padat tetapi semangat orang muda katolik tidak pernah redup, malahan ada yang berharap agar acara Indonesia youth day ini diperpanjang karena masih banyak yang ingin mereka dapat di acara ini, betapa luar biasa semangat orang muda katolik saat itu, tetapi semangat itu jangan sampai Cuma sebatas di indoensia youth day ini saja. Masih banyak tugas yang dilakukan orang muda katolik dalam pelayanannya terhadap Gereja, Sesama dan Negara, hal yang menjadi pertanyaan sekarang adalah apa yang sudah kalian bagikan kepada orang muda katolik yang ada di daerahmu? Mungkin ini merupakan hal yang harus di jawab oleh para peserta Indonesia youth day 2012.
Memang Indonesia youth day 2012 adalah acara yang sanggat bermanfaat bagi orang muda katolik tetapi apakah semua orang muda katolik dapat merasakannya. Tentunya tidak, maka dari itu diharapkan kepada orang muda katolik yang sudah berpatisipasi dalam Indonesia youth day diharapkan dapat menceritakan dan berbagi pengalaman kepada teman-teman orang muda katolik yang belum meraskanan betapa panasnya atmosfer Indonesia youth day ini,
 ' Berakar dan dibangun dalam Yesus Kristus, Berteguh dalam Iman '

Leave a Reply