SEJARAH SINGKAT PAROKI HATI KUDUS YESUS RAWAK



Paroki hati kudus yesus adalah paroki pemekaran dari wilayah pastoran paroki sekadau. Hal ini berdasarkan pertimbangan karena wilayah pastoral paroki sekadau terlalu luas, umatnya sekain tahun semakin bertambah, sedangkan tenaga Imamnya masih terbatas. Maka pada tahun 1989 pihak Keuskupan Sanggau perlu membuka Paroki baru. Betitik tolak dari rencana dan penetapan pihak Keuskupan Sanggau yang saat itu dipinpin oleh Uskup Mgr. Bumbun maka di tunjuklah rawak sebagai paroki pemekaran baru. Paroki Rawak terbentuk dan di resmikan pada tanggal 1 Januari 1990 dan semenjak saat itu semua kegiatan pastoral sampai pada urusan administrasi Paroki Rawak mulau dipisahkan dari paroki Sekadau.
Pada tahun 1990 Paroki Rawak ( Ibukota kecamatan Sekadau Hulu ) yang merupakan pusat paroki baru belum memiliki sarana fisik khalayaknya seperti pastoran lain pada umumnya. Yang ada pada saat itu hanya ada satu buah Gereja yang didirikan pada tahun 1987. Dan untuk sementara waktu itu pastoran dan urusan administrasi paroki masih dilakukan di paroki sekadau.
Pada tanggal 13-14 Oktober 1990 lewat rapat DPP ( Dewan Pastoral Paroki ) yang pada saat itu dipimpin oleh Pastor Bernadus Metani, CP dan di setujui oleh Uskup Mgr. Bumbun, diususlkanlah suatu rencana pendirian gedung Aula Paroki dan beberapa bangunan lainya di Paroki Rawak. Pada bulan Mei 1991 mulailah pengalangan dana dan persipan pembangunan sarana dan prasarana  tersebut dan berahir pada bulan Januari 1992 dan memakan waktu kuranglebih tujuh bulanan. Sedangka pembanguna aula dan sarana lain tersebut dimulai pada tahun 1992 dan berahir pada tahun 1993.
Sedangkan untuk Pastoran,  kantor keseketariatan dan administari paroki baru dipindahkan secara untuk ke paroki rawak sekitar tahun 1998/1999. Sedangkan Pastor pertama yang menjadi pastor Paroki Rawak adalah Pastor Bernado Metani, CP.



This entry was posted in

Leave a Reply